}

Friday 11 March 2016

Tips menanam durian Bawor dengan modal kecil hasil maksimal

Durian Bawor sudah menjadi perbincangan dikalangan pecinta durian akhir-akhir ini. Durian yang dipopulerken oleh pak Sarno Ahmad Darsono dari Banyumas ini sudah menjadi salah satu durian yang dicari oleh para pecinta si raja buah. Pada pameran durian dijakarta bulan yang lalu durian bawor ada yang terjual dengan harga fantastis yaitu Rp. 1 Juta Bener-bener harga yang W.O.W.   WOW...hahaha

 Ketenaran durian bawor menjadikan bibitnya laris manis dipasaran. Berbagai ukuran bibit mulai dari 40cm sampai dengan 10 bulan siap berbunga semuanya terjual. Tentunya harganya juga semakin naik. Dulu bibit ukuran 40cm misalnya harganya bisa mencapai 50 - 100 rb rupiah. Apalagi yang 2meter, bisa sampai jutaan.

Bawor sudah terbukti adaptif. Ditanam diberbagai daerah diluar Banyumas yang merupakan asal durian ini, Bawor tetep bagus isinya. Seperti di Pekalongan, Subang, Purwokerto dll. selain adaptif durian bawor juga termasuk dalam kategori durian yang cepat berbuah. Dalam waktu 5th tanam dari ukuran 1m sudah bisa menghasilkan buah. Bahkan dengan perawatan yang bagus bisa berbuah dalam waktu 4th.

Mahalnya harga bibit durian tidak menyurutkan niat para petani untuk menanam durian ini. Berapapun kalau udah senang dan pengen punya pohon bawor ya pasti dibeli bibitnya. Namun tidaklah semua petani seperti itu. Hanya petani berkantong tebal sajalah yang bisa berani membeli banyak dan mahal.

Nah disini penulis pengen coba berbagi atau share bagi kalian yang ingin menanam durian bawor tapi dengan modal tidak terlalu besar. Maksudnya kita bisa menanam pohon durian bawor yang besar2 dengan menggunakan modal seminim mungkin. Caranya adalah dengan membeli bibit durian bawor yang masih kecil. Kira-kira ukuran 40 - 60 cm. Kemudian langkah selanjutnya ganti polibeg bibit kecil tersebut dengan polibeg yang lebih besar. Tujuannya adalah agar bibit bisa lebih berkembang dengan adanya polibeg besar dimana media tanam lebih banyak. Rawatlah dengan benar-benar. Beri pupuk dan jangan lupa semprot daun tiap seminggu sekali menggunakan pupuk daun. Perlu diketahui bahwa pohon akan cepat besar apabila pertumbuhan daun bagus. Bibit yang tadinya seukuran 40 cm dalam waktu 1 th akan tumbuh sangat cepat mencapai 1 meter lebih. Dengan catatan sinar matahari harus full dan perawatan yang maksimal.

Umur 1,5 Tahun dari Ukuran 40 cm (Beli dari harga Rp. 12,000) sekarang banyak yang mau kalau dijual Rp. 100.000











Nah begitulah sedikit tips untuk menanam durian bawor dengan harga minimal tapi hasil maksimal...
share juga ya pengalaman kalian di kolom komen, yakin ajalah kalau kita berbagi ilmu bukannya semakin ilmu itu hilang atau habis tapi semakin kita tambah ilmunya. Yang setuju share ya....
salam sukses

2 comments: