}

Sunday 20 March 2016

Mengetahui Elevasi Ketinggian Suatu Tempat di Google Earth

Berawal dari banyaknya pertanyaan kepada saya mengenai berapa ketinggian (dpl) kebun di tempat saya, dan berawal dari ketidaktahuan saya dalam menjawabnya maka saya mulai coba mencari di mbah Google cara mengukur dpl. Tiap saya posting buah durian (durian bawor) dengan hasil yang bagus maka selalu ada pertanyaan mengenai berapa ketinggian pohon yang saya tanam. Memang elevasi ketingguan suatu tempat sangat penting bagi dunia pertanian, terutama perkebunan durian. Karena ada jenis-jenis tanaman tertentu yang bisa hidup dan cocok dan ada pula pada ketinggian tertentu tanaman ini tidak cocok. Durian salah satunya, tidak dapat berbuah apabila ditanam pada daerah dengan dpl yang tinggi. Durian akan hidup dan tumbuh besar namun karena suhu yang terlalu dingin maka durian tidak akan mengahasilkan buah. Nah mari kita berlajar cara mengetahui elevansi ketinggian suatu tempat dengan bantuan aplikasi Google Earth.

Monggo.......

Secara definisi Elevasi dapat diartikan 1. ketinggian suatu tempat thd daerah sekitarnya (di atas permukaan laut); 2. ketinggian atau sudut tinggi suatu benda langit di atas horizon (http://www.artikata.com/arti-326276-elevasi.html). Sesuai pengalaman pribadi, dalam praktek praktisnya definisi nomor 1 yang sering kita gunakan untuk mengukur ketinggian suatu tempat di atas permukaan laut (dpl). Pengalaman menunjukan bahwa, aplikasi Google Earth lumayan bisa membantu kita untuk mengetahui elevasi suatu tempat jika kita tidak memiliki peta topografi,

walaupun masih kita perlu cek lagi kondisi lapangan sesungguhnya dengan mengadakan ground cek atau survey areal tersebut. Banyak kegunaan yang bisa kita manfaatkan dengan mengetahui elevasi suatu tempat, salah satunya kita dapat membuat rencana pembuatan rintis jalan baru atau rencana trace jalan yang akan kita buat. Untuk mengetahui cara mengetahui elevasi suatu tempat lewat aplikasi Google Earth, ikutilah langkah berikut :
  1. Klik Icon Google Earth (Masuk ke aplikasi Google Earth),
  2. Klik tempat yang akan kita cari elevasinya.
  3. Biarkan Google Earth Streaming tempat tersebut sampai jelas terlihat alias sampai ketinggian pengamatan maksimal.
  4. Tempatkan kursor di tepat pada tempat/areal yang ingin kita ketahui elevasinya.
  5. Untuk mengetahui Ketinggian Elevasi, dapat dilihat petunjuk gambar di bawah ini.
Mengetahui Elevasi Ketinggian Suatu Tempat di Google Earth
Pada lingkaran Merah nomor 1 adalah petunjuk Ketinggian Tempat atau Elevasi yang kita cari, sedang pada nomor 2 adalah petunjuk koordinat geografis tempat tersebut.

sumber : www.asikbelajar.com

No comments:

Post a Comment