}

Sunday 20 March 2016

Daftar Tujuan Wisata di Pekalongan



Daftar Tempat Wisata Pekalongan


Berbicara tentang Kota ini, satu kata yang langsung terlintas di benak Anda pasti tentang batik. Kota Pekalongan memang dikenal karena batiknya yang lembut dan indah.
Kota yang terletak di jalur pantai utara Jawa ini sudah mendapatkan julukan sebagai Kota Batik. Selain wisata belanja batik, Pekalongan ternyata juga beberapa tempat wisata lain yang wajib untuk dikunjungi. 

1. Museum Batik Pekalongan


Museum Batik Pekalongan merupakan tempat wisata pertama yang wajib didatangi.
Museum ini mempunyai beberapa koleksi batik yang cukup lengkap, dimulai dari batik kuno jaman penjajahan Belanda dan Jepang sampai batik yang berasal dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia. 

2. Curug Bajing


Curug Bajing merupakan wisata alam yang masih asli dan akan menjadi pemandangan yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.
Hamparan sawah terasering akan membuat suasana menuju curug Baijing seperti di Bali. Diperlukan 1,5 jam dari desa Tlogopakis untuk sampai di air terjun ini. 

3. Gunung dan Curug Rogojembangan


Selanjutnya adalah Gunung dan Curug Rogojembangan, perpaduan antara hijaunya hamparan sawah dan indahnya pemandangan gunung serta eksotisme alam sekitar akan membuat tempat ini wajib untuk anda kunjungi.
Selain itu juga bisa menjumpai kantung semar dan anggrek putih yang pastinya jarang pengunjung lihat di alam bebas. 

4. Kebun Teh Pagilaran


Kebun Teh Pagilaran adalah tempat wisata Pekalongan berikutnya yang tak kalah menarik untuk di kunjungi. Luasnya hamparan hijaunya teh akan Anda jumpai di sini dan ada beberapa macam permainan untuk anak-anak seperti kolam renang anak , flying fox, dan juga kebun binatang mini.
Bagi yang ingin menginap, banyak sekali disediakan homestay yang bisa disewa. Anda bisa melihat salah satu pabrik yang berdiri saat jaman Belanda dan di sini siapapun bisa melihat dari awal proses pemetikan daun teh sampai pengolahannya. Tiket masuk ke area Perkebunan Teh Pagilaran cukup murah, yaitu Rp 5.000 per orang. 

5. Desa Wisata Lolong


Tempat wisata di Pekalongan yang akan menguji nyali setiap pengunjung berikutnya adalah Desa Wisata Lolong atau sering disebut dengan lolong adventure. Di sini juga bisa mencicipi serunya wisata air berupa rafting.
Di lolong terdapat satu jembatan yang terkenal. Jembatan ini dibuat pada jaman dahulu dan masih kokoh berdiri sampai sekarang. 

6. Linggo Asri


Linggo Asri berada di Kecamatan Kajen. Ini memiliki berbagai tempat wisata di antaranya adalah lokasi outbond, kebun binatang, paintball, bumi perkemahan dan pemandangan pegunungan yang begitu asri.
Ketika pertama kali sampai di Linggo Asri, Anda akan di sambut dengan udara yang sangat sejuk dan begitu alami. 

7. Pantai Wonokerto


Tempat wisata di Pekalongan yang tidak kalah dengan indahnya pantai kuta bali adalah Pantai Wonokerto.
Pantai ini terletak di Utara Kabupaten Pekalongan dan memiliki keindahan sunset yang begitu memukau yang bisa wisatawan saksikan dengan gratis. 

8. Curug Muncar


Curug muncar berlokasi di Petung Kriyono. Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam yang berupa air terjun.
Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk menuju curug muncar. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus melewati hutan serta jalan tapak yang terlihat begitu natural. Suasana pedesaan dengan penduduk ramah membuat wisatawan ingin kembali berkunjung ke tempat wisata alam ini. 

9. Grosir Batik Setono


Tempat ini khusus bagi siapa saja yang mencintai berbagai macam corak batik. Anda bisa berbelanja batik sepuasnya di sini. Grosir Batik Setono berada di jalur pantura sebelum terminal arah ke Semarang 

10. Pantai Pasir Kencana


Pantai Pasir Kencana merupakan tempat wisata Pekalongan. Pantai ini banyak didatangi warga lokal dan sekitarnya untuk berwisata karena jarak yang cukup dekat dari pusat kota.
Pantai Pasir Kencana dilengkapi dengan beberapa fasilitas permainan untuk anak-anak. Lokasi ini paling ramai pada saat perayaan Syawalan atau satu minggu setelah lebaran Idul Fitri. 

11. Waryo Durian




Bagi anda penggemar durian atau maniak durian, belum lengkap rasanya kalau ke Pekalongan tanpa menikmati raja buah ini. Ya Pekalongan menjadi salah satu penghasil buah Durian di daerah pantura Jawa Tengah. Sedikit tips untuk membeli durian khususnya durian lokal yaitu belilah yang matang pohon, bisa dilihat dari tangkainya (Baca : ciri-ciri durian matang pohon), minta dibuka ditempat untuk menghindari durian yang busuk atau tidak matang.

Pohon Durian Bawor di depan Rumah Waryo Durian

 Nah jika anda ingin makan durian matang pohon langsung di petaninya maka "WARYO DURIAN" menjadi tujuan yang paling tepat. Di Waryo Durian anda bisa dengan puas makan durian tanpa mengalami kekecewaan, misalnya durian mengkal, durian keras, durian tidak matang dan berbagai masalah durian lainnya. Maka di Waryo Durian anda benar-benar akan "makan durian". Durian di Waryo Durian semuanya dipetik setelah matang di pohon, sehingga kualitas durian yang didapat benar-benar matang pohon.

Berbagai jenis durian lokal andalan WARYO DURIAN dapat dinikmati seperti Durian Bulung, Durian Klutuk, Durian Galeng dan masih banyak lagi. Tersedia juga durian yang terkenal yaitu Durian Bawor, Namun jumlahnya masih terbatas di tiap musimnya. Khusus untuk Durian Bawor hanya melayani yang indent.

Lokasi Waryo Durian berada di Dukuh Suroloyo Desa Lemah Abang Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.

Durian Bawor di Waryo Durian
Masih Bawor
Durian Lokal di Waryo Durian
Durian Kani



No comments:

Post a Comment