}

Wednesday 9 March 2016

Ini dia tanaman untuk mencegah serangan belalang pada daun pohon durian

Daun merupakan bagian dari tumbuhan yang sangat penting, karena di dalam daun itulah terdapat fotosintesis. Tanpa adanya daun tumbuhan akan mengalami kesulitan dalam tumbuh berkembang berbuah bahkan bila suatu tanaman misalnya pohon durian daunnya rontok terus bisa dipastikan durian tersebut tidak sehat dan akan mati. Berbagai upaya dilakukan agar daun tumbuh dengan subur sehingga tanaman akan tumbuh dengan baik yang pada akhirnya akan menghasilkan buah yang maksimal.

Daun pohon Durian Bawor
Hama dan penyakit tanaman begitu banyak yang mengakibatkan laju pertumbuhan tanaman khususnya durian terhambat. Salah satunya adalah belalang. Belalang senang sekali memakan daun muda termasuk daun pada pohon durian. Alih - alih kepengen pohon cepat tumbuh besar tapi karena daunnya dimakan belalang terus maka mengakibatkan pertumbuhan pohon begitu2 saja.

Tapi tenang saja, penulis sudah mencoba berbagai cara pencegahan belalang tanpa menggunakan bahan kimia. Sampai saat ini cara tersebut cukup lumayan ampuh dibuktikan dengan foto2 yang nanti penulis lampirkan pada akhir tulisan ini. Caranya cukup murah dan mudah yaitu menggunakan sejenis tanaman rempah. Tanaman ini biasa juga digunakan dalam bumbu dapur. Dan tanaman ini biasanya disebut dengan nama.....

Sereh.

Tanaman Sereh
Belum ada penjelasan ilmiah yang secara klinis maupun laboratorisnya, penulis hanya menyampaikan berdasarkan pengalaman pribadi. Penulis memiliki beberapa pohon durian yang dikelilingi tanaman sereh dan hasilnya bebas dari hama yang namanya belalang. Penulis hanya bisa mengungkapkan beberapa analisa pribadi yaitu diantaranya daun sereh yang kasar, agak sedikit tajam yang bisa merobek kulit manusia. Mungkin karena memiliki sifat tersebut belalang enggan untuk hinggap pada daun sereh dikarenakan takut melukai tubuh belalang itu juga.
Daun sereh tajam

selanjutnya sereh memiliki rasa yang pedas, bahkan karena pedasnya banyak dibikin minyak sereh untuk berbagai macam obat. Penulis mengira belalang tidak akan doyan terhadap daun sereh yang pedas ini, bahkan cenderung belalang menghindarinya.

Nah berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki pada tanaman sereh tersebut, penulis berkesimpulan dan mempraktekannya langsung pada tanaman durian yang dimiki dengan menanam sereh disekitar pohon durian. Dengan tujuan agar belalang tidak bisa menjangkau daun pohon durian.

Pohon durian dikelilingi tanaman sereh
Pak Waryo bersama pohon durian dan sereh

Bagi kalian yang belum percaya atau mempunyai cara lain ayo kita komen di kolom komentar dibawah ini......salam sukses..

6 comments:

  1. Wah.....harus diuji coba secara ilmiah itu gan....tapi tidak ada salahnya sih saya coba....makasih gan share nya

    ReplyDelete
  2. nunggu para pakar untuk menjelaskan, tapi memang tidak ada salah dicoba ya...tidak ada ruginya....terima kasih

    ReplyDelete
  3. ditempat saya sereh murah meriah mudah didapat...solusi yang bermanfaat nih...tanks...

    ReplyDelete
  4. saya baru tau ada solusi seperti ini, terlepas benar tidak yang penting dicoba, makasih

    ReplyDelete