}

Saturday 16 November 2013

Tips Memulai Usaha Kecil bidang Pertania (Pembibitan)

hai, hai, hai.....ketemu lagi sama saya (owner kadar farm), memang si blog ini segala sesuatu tentang durian, pembibitan dan jenis2 durian unggulan. tapi gak ada salahnya dong saya mau sedikit share tentang sedikit ilmu yang sudah saya punya, kan katanya sedekah itu gak harus harta atau materi, ilmu yang disebarluaskan juga termasuk sedekah juga lhooo, setuju gak? apalagi yang namanya sedekah (kata Ust. Yusuf Mansyur) semakin kita sedekah maka semakin banyak yang kita terima, ibaratnya seperti daun yang rontok maka akan tumbuh daun-daun lain yang lebih lebat, begitulah keajaiban sedekah sampai-sampai tertulis dalam Al-Quran (tapi saya lupa surat dan ayat berapa, tanya Ust. Yusuf Mansyur aja ya...hehehehehe)

okelah kalau begito...kali ini saya mau berbagi tip cara memulai usaha kecil dalam bidan pertanian, ini kan pengalaman saya jadi kalau ada kesamaan tokoh maupun cerita didalamnya mohon maaf itu semua tidak sengaja...Usaha yang dimaksud adalah usaha dalam pembibitan dan pemuliaan tanaman, saya mengambil contoh tanaman buah.

langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
pertama, kita harus mempunyai keinginan yang kuat, kenapa begitu? karena dengan keinginan yang kuat kita tidak akan merasa pekerjaan yang akan kita lakukan melelahkan, bahkan akan kita rasakan sangat menyenangkan.

kedua, kita harus menguasai ilmu dalam bidang pembibitan, misalnya teknik2 dalam penyambungan tanaman baik okulasi, stek, sambung sisip sambung pucuk, sambung keji dan teknik2 lain, syukur-syukur punya teknik sendiri yang berbeda dari yang lain namun bisa diandalkan.


ketiga, kita harus mempunyai bibit-bibit tanaman yang bener-bener unggul, terutama yang udah terkenal dipasaran, yang sedang rame-ramenya. nah untuk apa bibit-bibit tersebut? bibit-bibit tersebut digunakan sebagai indukan yang nantinya kita ambil entresnya untuk diperbanyak.

keempat, punya akun sosial media,misalnya facebook dan twiter. dari medsos itulah kita promosikan usaha kita, selain tentunya melalaui teman dan rekan.

kelima, perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. atau yang sering kita sebut Gadget. fungsinya untuk memperlancar aktifitas kita ke dunia internet, seperti smartphone (blackberry, dll). kita foto tuh aktifitas kita misalnya lagi sambung sisip nih kita foto dan diupload, atau kita foto tu bibit-bibit tanaman yang kita punya dan ditawarkan.

nah sebenarnya masih banyak namun berubung saya lagi ditunggu orang maka dilanjut lain kali ya....
terima kasih sudah bekunjung ke blog saya....

No comments:

Post a Comment