}

Wednesday 9 March 2016

Ciri - ciri Durian Matang Pohon

Musim durian sudah tiba, mulai dari pulau sumatera sampai pulau jawa pohon durian sudah mulai berbuah. Banyak sekali buah durian dijual dipinggir jalan, dikarenakan lagi musim durian maka jumlah durian yang dijual dipinggir jalan lebih banyak daripada diluar musim.

Durian lokal siap jual
 Tidak semua buah durian yang dipinggir jalan itu enak, enak dalam artian rasanya manis dagingnya lembut, untuk buah durian yang enak tentunya adalah buah durian yang matang dipohon. Tidak semua juga buah durian yang dijual dipinggir jalan itu masak pohon. Banyak faktor kenapa durian tidak selelu dijual dalam keadaan matang dipohonnya. Jarak antara kebun dan tempat penjualan biasanya menjadi salah satu penyebabnya. Selain itu harga yang tinggi merangsang petani untuk segera menjual meskipun dalam keadaan belum matang, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Berikut tips untuk mengetahui ciri-ciri Durian yang Matang Pohon :
1. Di Cium
Durian dalam kondisi sudah matang akan memiliki aroma yang kuat, bahkan jika disimpan dalam kardus    dan dilakban baunya juga masih bisa tercium, nah maka coba cium durian untuk mengetahui apakah sudah matang apa belum, tapi ingat ya harus hati-hati jangan sampai salah cium karena durinya juga tajam...hehe
2. Garuk-garuk
Durian yang matang maka daging buahnya akan menjadi lembek, dan hal tersebut membuat ruangan dalam buah durian akan menjadi tidak kenceng lagi, bisa dikatakan berongga, maka cobalah garuk2 menggunakan ujung kuku atau alat apapun. Kalau suaranya seperti ada rongga (dalam bahasa jawa bunyi "keruk2") maka bisa dikatakan itu durian sudah matang.

Garuk-garuk durian menggunakan kuku jari

3. Lihat Gagangnya
Durian yang sudah matang, apalagi matang pohon gagangnya harusnya sudah patah. Gagang yang dimaksud ialah gagang yang nempel pada buah yang nempel pada buah. Jika kita menemukan gagang yang masih panjang maka durian tersebut berarti belum 100% matang, bisa jadi sudah matang tapi belum sempurna sampai gagang tersebut lepas.
Durian yang sudah lepas gagang


Durian yang belum lepas gagang

Dari gagang itu juga bisa diketahui sudah berapa lamakah durian ini dipetik dari pohon, apabila ujung gagang masih basah itu artinya durian baru dipetik dari pohon, kalau sudah agak kecoklatan kering tapi masih bagus itu artinya durian belum terlalu lama dipetik dari pohon, dan apabila gagang udah kering mengisut atau keriput maka dipastikan durian sudah lebih dari 3hari dari petikan pohon.

Durian matang pohon baru dipetik masih ada getang diujung gagangnya

Perlu diketahui durian memang enak dimakan sewaktu sudah matang, namun apabila sudah terlalu lama hati-hatilah bisa jadi isinya sudah tidak bagus.

Durian matang pohon sekitar 1 hari, gagang masih segar tapi kering
berdasarkan cara-cara diatas nih hasilnya menggunakan buah tadi :

Durian lokal masak pohon
 
Durian "nggaleng" masak pohon
Legit khas durian lokal
Nah itulah sedikit tips untuk mengetahui durian masak pohon berdasarkan praktek langsung dengan durian asli, bagi teman-teman yang mempunyai pengalaman beli durian dipinggir jalan yuk sharig tips2nya agar kita semua tidak tertipu oleh sebagian pedagang yang tdk bertanggungjawab.....sharing di kolom koment ya....makasih...salam sukses...

Supported By :
#Tempat wisata makan durian unggulan enak matang pohon di Doro Pekalongan

No comments:

Post a Comment