}

Monday 3 October 2016

Pemangkasan pada Pohon Durian

Apakah anda menginginkan pohon durian yang sehat, dan berbuah lebat seperti foto dibawah ini :

Perhatikan buah yang menempel dibatang itu, batangnya tetata rapi besar- besar, sehingga buah yang segitu banyaknya mampu ia tahan. Batang yang besar tersebut akibat dari perawatan yang salah satunya adalah PEMANGKASAN.
Menanam durian bukan seperti menanam pohon sengon/ Albasia , kalau "nandur" sengon bisa saja kita tanam dari bibit kecil umur 3 bulanan pada sore hari terus kita tinggal, ntar 4 tahun kemudian kita panen...hehehe
Bibit sengon

Sengon dewasa
perawatan pada pohon durian selain pemupukan dan pengendalian hama kita juga harus memperhatikan yang namanya "Pemangkasan".
Seperti rambut aja ya..... bayangkan saja rambut manusia kalau tidak dipangkas maka tumbuhnya akan semprawut, tidak beraturan, kemana-mana, bahkan bisa menjadi sarang penyakit....
Contoh rambut yang dibiarkan / tidak dipangkas
kecuali untuk sebaian orang yang sengaja membiarkan rambutknya tidak tertata dan tidak dipangkas, namun pada orang umumnya rambut rutin dipangkas agar lebih rapi.

Nah begitu juga dengan pohon durian, memerlukan pengurangan batang-batang yang sekirannya tidak terlalu penting. Pemangkasan pada pohon durian sendiri bertujuan salah satunya adalah agar pohon tumbuh secara maksimal dan buah juga maksimal karena buah letaknya dibatang, Batang tersebut sebainya dikurangi dengan cara pemangkasan "yang benar". Kenapa yang benar ? karena kalau salah dalam pemangkasan maka akan merugikan tanaman itu sendiri, karena apabila pemangkasan salah maka pertumbuhan akan menjadi lamban. Adapun beberapa tips dari saya untuk pemangkasan pohon durian sebagai berikut :

Perhatikan gambar berikut ini :
pada ilustrasi pohon durian diatas, cabang dengan lingkaran warna kuning, biru dan merah merupakan contoh batang yang akan dieksekusi. Mulai dari yang pertama kuning, batang ini terlalu dekat dengan tanah, memang pada awalnya batang yang dekat dengan tanah bisa membuat pohon durian jadi lebih menarik dikarenakan kalau ada buahnya terkesan jadi "pohon pendek udah berbuah". Namun kalau dibiarkan terus dikhawatirkan semakin besar pohon makan semakin panjang batang dan itu artinya bisa mengganggu kalau ada bangunan atau jalan disekitarnya.
Kedua lingkaran yang biru, jelas terlihat batang yang dilingkari biru tampak kecil, mirip seperti batang serabut, sebaiknya batang tersebut dipotong saja, batang kecil juga memerlukan nutrisi, sehingga nutrisi yang diedarkan ke batang besar jadi berkurang, maka sebaiknya dipotong dan makanan yang ke batang sebelahnya lebih maksimal.
Terakhir warna merah, untuk batang denga lingkaran merah tampak tumbuh sangat bagus, terlihat dari besarnya batang yang hampir sama dengan batang lainnya, tapi kenapa harus dipotong? lihatlah pertumbuhan batang sebelahnya, disebelah batang lingkaran merah itu adalah batang utama, batang yang tumbuh dari bawah ke atas, untuk pemangkasan diperlukan karena dikhawatirkan batang itu akan mengalahkan batang utama sehingga nantinya pohon jadi jelek. Antara cabang dan pokok lebih besar cabangnya.
nah itu dia sedikit ulasan tentang bagaimana cara pemangkasa pada pohon durian, semoga bermanfaat....
mohon masukan dan sharingnya...saya juga masih belajar...terima kasih

2 comments:

  1. pada usia atau pada ketinggian brp yg ideal utk dilakukan pemangkasan

    ReplyDelete