}

Saturday 16 November 2013

Mana Durian unggulan Indonesia? (Durian Otong dari Thailand)

hah....kesal sendiri rasanya, tadi malem ngeliat Timnas senior kalah lagi, padahal dimenit awal sempat memberi kejutan dengan menekan pertahanan dan melesatkan beberapa tembakan ke gawang China,
namun permainan timnas tetep gitu-gitu aja, begitu dapat bola langsung umpan kedepan, iya kalau umpannya akurat, lha wong ngawur gitu.....ya sudahlah, sekali lagi saya harus kecewa karena skor akhir timnas kita kalah 1-0,

kembali ke durian.....lesunya semangat saya terhadap timnas "senior, sama halnya terhadap durian dari luar negeri terutama Thailand yang tiap hari saya dengan kabar ada lagi ada lagi jenis baru, ya secara umum saya senang karena durian tersebut memang berkualitas tapi secara pribadi dari hati saya sedih, terus terang meskipun saya bukan pahlawan nasional dan tidak berharap dijadikan pahlawan nasional pada tahun 2014 nanti bersama Radjiman Wedyodiningrat, LN Palar, dan TB Simatupang dan mungkin mertua bapak presiden SBY (Sarwo Edhie Wibowo), namun saya sangat sedih kenapa durian-durian dengan varietas unggul selalu saja muncul dari Thailand dan ramai-ramai ditanam oleh Petani Indonesia dimana "katanya"Durian itu berasal dari negara tercinta kita, nih durian baru tersebut namanya durian Ötong".

nih deskripsinya :
Durian ini merupakan varietas introduksi dari Thailand. Durian ini secara resmi telah dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai varietas unggul nasional. Bentuk buahnya bulat panjang dengan kedua ujung agak meruncing. Warna kulit buah hijau kekuningan dengan duri-duri kecil berbentuk kerucut serta tersusun agak rapat. Daging buah berwarna kuning menarik seperti kunyit, agak tebal, kering, dan kurang berlemak. Keistimewaannya, daging buahnya sangat manis clan teksturnya sangat halus. Aromanya sedang dan tidak begitu tajam. Jumlah pongge per buahnya antara 5-15 huah dengan jumlah biji sempurna 5-10. Berat buah dapat men capai 4 kg. Produktivitas tidak begitu tinggi, antara 20-50 buah/pohon/tahun

sebagai petani saya senang karena bisa ikut menanam durian-durian unggulan tersebut, tapi bagi saya tetep aja kita dan negara kita selalu kalah, selalu selangkah dibelakang negara lain. 
tapi dengan keadaan ini saya sebagai generasi muda merasa tertantang untuk mencari bibit unggulan nasional yang bisa mendunia, saya berharap kepada para pecinta durian dan pecinta tanah air untuk bersama-sama kita kembangkan durian lokal yang berkualitas international, saya yakin di Indonesia banyak durian yang bagus-bagus. 
mudah-mudahan juga para "pemulia"tanaman di Indonesia segera menciptakan persilangan durian unggul yang membanggakan....

1 comment:

  1. berat maksimal bisa sampai berapa kilo pak?

    ReplyDelete