}

Friday 15 November 2013

Durian (Lokal) Kita Tidak Kalah Dengan Durian Monthong

semua orang mungkin tidak ada yang tidak mengenal durian Monthong dari Thailand, hampir diseluruh supermarket di negara kita tercinta ini ada, ada yang dijual dalam bentuk masih bentuk buah dan ada pula yang sudah dibungkus plastik (atau apa itu namanya).



yang herannya lagi orang indonesia lebih "familiar" dengan durian yang bernama "Monthong" tersebut,
anehnya lagi saya pernah baca di salah satu media online rencana menteri BUMN bapak Dahlan Iskhan berencana menanam puluhan bahkan mungkin ratusan hektar (maaf saya tidak hafal pastinya) untuk menanam pohon durian Monthong diperkebunan PTPN Nusantara. kata beliau biar Indonesia tidak lagi mengimport durian tersebut dari Thailand, bagus juga si menurut saya ide tersebut, jadi negara kita tidak dibanjiri durian dari luar negeri lagi, namun yang saya sayangkan kenapa harus "Monthong"? kenapa pak menteri tidak berusaha mencari durian lokal yang berkualitas aja dan ditanam secara "masal"?

padahal menurut saya Indonesia juga mempunyai durian - durian lokal unggulan yang sangat melimpah, diibaratkan seperti Timnas-U19 asuhan bapak indra sjafri yang telah membuktikan bahwa talenta-talenta indonesia sebenarnya juga bisa berbicara di tingkat international dengan menjuarai Piala AFF-U-19 dan menjadi juara grup G kualifikasi Piala Asia -U19 dengan menumbangkan raksasa korea selatan 3-2, Filosifi dalam keberhasilan Timnas U-19 ini yang bisa kita ambil dalam "perdurianan nasional" adalah bahwa Durian Lokal Indonesia sebenarnya juga banyak yang bagus2 dan tidak kalah sama durian Monthong, dengan catatan pencariannya harus bener2 dan serius ke pelosok2 nusantara.

kembali ke rencana pak Menteri, saya pernah berpikir nanti seandainya durian monthong udah ada dimana-mana saya yakin pasti ada durian dengan merk lain dari thailand, eh bener banget beberapa bulan ini sudah muncul durian asal thailan yaitu durian noyib,ni gambar durian noyib dibawah ini :


jadi kalau kita hanya sebagai follower kita akan ketinggalan terus, hari ini kita menanam durian mereka (thailand dan sebagainya) setelah berbuah maka mereka akan mengeluarkan durian lagi dengan keunggulan yang lain dan sekali lagi kita akan jadi FOLLOWER terus ampe kiamat, (lebay dikit).

Sebagai contohnya bisa dicari di kabupaten Pekalongan terutama di kecamatan Doro. Durian dari Doro sudah terkenal dikalangan pecinta durian. Festival Durian Pekalongan yang diadakanpun durian dari Doro menjadi langganan juara. Salah satu tempat durian unggulan enak matang pohon di Doro bisa ditemukan di Waryo Durian.

saya (penulis) pengen mengajak kepada para pembaca dan petani durian khususnya, untuk mencoba menanam durian lokal kita yang unggul, saya yakin durian kita lebih baik dari manapun, durian itu berasal dari negara kita Indonesia raya, dengan demikian saya sudah memulainya dengan mendirikan "KADAR FARM" dimana usaha kecil ini berusaha mencari bibit-bibit durian lokal yang belum terkenal namun berkualitas.
bersambung dulu ya nulisnya.......next kita bahas tentang musang king,  heehee

No comments:

Post a Comment